idarzh-CNenja

Aplikasi Si Cepot Permudah Cetak PBB Kabupaten Tangerang

Aplikasi Si Cepot Permudah Cetak PBB
Aplikasi Si Cepot Permudah Cetak PBB

 

deLadeni.comTigaraksa - Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Tangerang meluncurkan Si Cepot, sebuah program inovatif Sistem Informasi Cetak PBB Online Terpadu.

Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Tangerang Soma Admadja mengatakan Si Cepot ini adalah bagian dari proses inovasi yg terus dikembangkan di Bapenda Kabupaten Tangerang.  

"Wajib pajak sekarang dapat dengan mudah mencetak sendiri bukti pembayaran pajak bumi bangunan (PBB)  atau sekadar mengecek aset-aset tanah yang belum dibayar PBB-nya dengan langkah-langkah mudah," kata Soma, hari ini Senin, 26 November 2018. 

Pajak Bumi dan Bangunan  merupakan pajak yang dipungut atas tanah dan bangunan karena adanya keuntungan dan atau kedudukan sosial ekonomi yang lebih baik bagi orang atau badan yang mempunyai suatu hak atasnya atau memperoleh manfaat dari padanya.

Aplikasi Si Cepot Permudah Cetak PBB
Aplikasi Si Cepot Permudah Cetak PBB

Kepala bidang PBB dan BPHTB Bapenda Dwi Candra Budiman mengatakan Si Cepot merupakan terobosan bagi Bapenda agar wajib pajak lebih mudah mencetak sendiri Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT).

"Selama ini kendala kita, banyaknya Wajib pajak yang mengeluh SPPT itu tidak sampai kepada mereka," ujar Dwi Candra Budiman.

Dalam menjalani aplikasi Si Cepot wajib pajak cukup memiliki akses internet dan broser saja. Dwi Candra menyebutkan aplikasi ini dapat langsung diakses melalui  si cepot.tangerangkab.go.id.

Dwi Candra mengatakan pada tahun 2018 ada beberapa inovasi dalam pelayanan PBB antara lain, cetak massal awal tahun dengan ketetapan 3 Januari, pelayanan mobil keliling satu hari satu desa/kelurahan, aplikasi mengecek tagihan PBB melalui iPBB berbasis android dan aplikasi SI CEPOT berbasis web untuk mencetak SPPT PBB secara elektronik.

"Program ini seluruhnya dilakukan demi menjawab tantangan dari pemerintah dan memberikan kemudahan bagi masyarakat yang membutukan pelayanan secara cepat, mudah, aman dan terjamin tentunya tak bertele-tele," kata Candra Budiman. (inforial)