idarzh-CNenja

Hemat Waktu, Klik iPBB untuk Bayar Tagihan Pajak

Aplikasi iPBB ini mempermudah wajib pajak membayar tagihan PBB di Bapenda Kabupaten Tangerang, FOTO: Istimewa
Aplikasi iPBB ini mempermudah wajib pajak membayar tagihan PBB di Bapenda Kabupaten Tangerang, FOTO: Istimewa

 

deLadeni.com, Tangerang - Sekretaris daerah Kabupaten Tangerang Moch. Maesyal Rasyid mengapresiasi inovasi yang dilakukan  Badan pendapatan daerah (Bapenda) yang telah meluncurkan Sistem Aplikasi Informasi Tagihan Pajak Bumi dan Bangunan (iPBB).

"PBB itu merupakan pendapatan asli daerah, dan hasil pembayaran dikembalikan kepada masyarakat melalui pembangunan. Maka dengan adanya aplikasi iPBB ini merupakan terobosan yang patut kami apresiasi,"kata Rudi Maesyal ditemui deLadeni di Puspemkab di Tigaraksa, Jumat, 30 November 2018.

Inovasi  baru  berupa iPBB itu dirancang untuk mempermudah akses masyarakat atau Wajib Pajak (WP) dalam mendapatkan pelayanan terkait kewajibannya membayar PBB.

Rudi Maesyal mengatakan trobosan berbasis elektronik yang diberi nama iPBB  itu  dapat membantu para WP dalam menunaikan kewajiban membayar pajak tanpa meninggalkan aktivitas rutinnya.

"Dengan aplikasi iPBB ini pelayanan akan lebih mudah dan cepat,"kata Rudi Maesyal.

Suasana pelayanan PBB di Kantor Bapenda Kabupaten Tangerang di Tigaraksa, FOTO: CIPTA ADI/deLadeni
Suasana pelayanan PBB di Kantor Bapenda Kabupaten Tangerang di Tigaraksa, FOTO: CIPTA ADI/deLadeni

Bagaimana WP  mengakses iPBB caranya masukkan  Nomor Obyek Pajak (NOP) melalui ponsel atau komputer dengan menggunakan aplikasi tersebut.

Bagi para WP cukup mengunduh aplikasi iPBB melalui google play store atau scan IT (barcode) di gadgetnya.

Setelah itu akan muncul iPBB dan WP tinggal memasukkan NOP pada kolom iPBB, maka akan diketahui informasi tentang tagihan PBB, secara tunai maupun sistem transfer melalui Bank BJB.

Kepala Bapenda Kabupaten Tangerang Soma Atmaja menjelaskan, aplikasi iPBB ini rencananya akan diluncurkan tepat pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Tangerang pada 27 Desember 2018 mendatang.

Peluncuruan aplikasi iPBB ini merupakan bagian dari inovasi Bapenda dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat era digitalisasi.

“InsyaAllah aplikasi iPBB ini akan dilaunching pada HUT Kabupaten Tangerang. Nanti, ada sejumlah terobosan berbasis IT juga akan kami luncurkan, tentunya ini dilakukan sesuai dengan keinginan dan permintaan Pak Bupati Zaki,” ujar Soma.(inforial)