idarzh-CNenja

Kiat Kabupaten Tangerang Lampaui Target PBB

Moch Maesyal Rasyid tampak tersenyum saat difoto dengan logo deladeni.com, FOTO :CIPTA ADI /deLadeni

 

deLadeni.comTigaraksa - Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid mengapresiasi pencapaian  realisasi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) 2018 di Kabupaten Tangerang.

Capaian pajak itu berhasil  melampaui target. "Pencapaian yang sangat positif ini merupakan peran masyarakat Kabupaten Tangerang yang patut kita apresiasi,  berkesadaran atas  kewajibannya dalam membayar pajak," ujar Rudi Maesyal sapaan akrab Maesyal Rasyid, Senin 3 Desember 2018.

Rudi Maesyal terus mengajak  masyarakat yang tadinya sudah taat membayar pajak menjadi lebih taat lagi dalam hal kepatuhan membayar PBB tepat waktu.

"PBB adalah salah satu sumber pendapatan asli daerah yang memberikan kontribusi terhadap pembangunan di Kabupaten Tangerang. Dengan wajib pajak taat pajak memberikan kontribusi nyata terhadap pembangunan daerah," katanya.

Menurut Maesyal, selain peran serta aktif masyarakat hingga tercapainya target PBB dan BPHTB di Kabupaten Tangerang, target pajak terlampaui karena berbagai inovasi layanan Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Tangerang untuk memberikan kemudahan pelayanan.

"Salah satunya membayar PBB bisa di minimarket Indomaret dan Alfamart," katanya.

Suasana pelayanan PBB di Kantor Bapenda Kabupaten Tangerang di Tigaraksa, FOTO: CIPTA ADI/deLadeni
Suasana pelayanan PBB di Kantor Bapenda Kabupaten Tangerang di Tigaraksa, FOTO: CIPTA ADI/deLadeni

Kepala bidang PBB dan BPHTB Dinas Pendapatan daerah Kabupaten Tangerang Dwi Candra Budiman memastikan target PBB 2018 ini melebihi target yang ditetapkan. "Posisi saat ini target sudah lebih dari 100 persen," kata Dwi.

Menurut Dwi, target pencapaian PBB pada APBD murni 2018 sebanyak Rp 305 miliar. "Ada peningkatan pada APBD perubahan 2018 sebanyak Rp 330 miliar," kata dia.

Adapun untuk target APBD murni 
2019 sebesar Rp  340 miliar atau meningkat 10 persen pada APBD perubahan 2019.

Dwi mengatakan capaian target tersebut tak lepas dari tingginya kesadaran Wajib Pajak dan kerjasama yang terjalin antara Pemkab Tangerang dengan ritel seperti Indomaret dan Alfamart serta perbankan turut membantu tercapainya target PBB.

“Masyarakat bisa bayar PBB melalui Indomaret dan Alfamart. Cara ini mendekatkan pelayanan dengan masyarakat,” kata Dwi.(INFORIAL)