idarzh-CNenja

Aduan, Kritik, Saran Curahkan saja ke LAKSA

LAKSA
Aplikasi Layanan Aspirasi Kotak saran Anda (LAKSA) yang dikembangkan Pemkot Tangerang, ACI/deLadeni

 

deLadeni.com, Tangerang - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang serius menanggapi segala aduan, kritik dan saran terkait pembangunan dan pemerintahan. Pemkot menyediakan Layanan Aspirasi Kotak Saran Anda (LAKSA).

Aplikasi yang dikembangkan Dinas Komunikasi  dan Informatika (Diskominfo) ini bisa diakses langsung masyarakat melalui smartphone berbasis Android.

Menurut Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah  aplikasi LAKSA sudah terintegrasi dengan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) dan Sistem Informasi Petugas Lapangan (SIGAP).

“Cara menggunakan gampang, cukup mendownload Aplikasi LAKSA melalui Google Play Store,”kata Arief, Ahad, 21 Mei 2017.

Kepala seksi Pengembangan e-government Diskominfo Kota Tangerang Adhi Zulkifli  mengatakan untuk penggunaan aplikasi  LAKSA masyarakat Kota Tangerang  cukup memasukan Nomor Induk Kependudukan (NIK). “Ini karena data masyarakat Kota Tangerang sudah tersimpan,”ujar Adhi.

BACA JUGA:PRIA 2017, Aplikasi Tangerang Live Juara

Kalau  masyarakat di luar KTP Kota Tangerang  maka saat login aplikasi LAKSA, harus mengisi Nomor Induk Keluarga (NIK), nama, alamat tempat tinggal.

Adhi mengatakan sebelumnya Aplikasi LAKSA dapat diakses hanya dengan mengirimkan short message sevice (SMS) ke 0811-1500-293, saat ini Aplikasi LAKSA dapat diakses melalui telepon cerdas atau smartphone dengan sistem android dengan mendownload aplikasi LAKSA di Google Play Store.  

“Dengan kemudahan mengakses aplikasi LAKSA diharapkan masyarakat mudah menyampaikan saran, kritik dan pengaduan sehingga segera ditindaklanjuti oleh petugas lapangan,”kata Adhi.

Pengaduan yang ada langsung ditanggapi oleh operator yang berada di Command Center Tangerang Live room. Para operator langsung meneruskan kepada petugas yang ada di lapangan untuk segera menyelesaikan pengaduan yang diterima.  

 

KAFKA BAGASKARA