idarzh-CNenja

Mengenal Layanan 'Si Jempol' dan ' Tax Shopping' Kabupaten Tangerang

Dua Pelayanna Inovasi Kabupaten Tangerang Si Jempol dan Tax Shopping Raih Penghargaan
       Dua Pelayanna Inovasi Kabupaten Tangerang Si Jempol dan Tax Shopping Raih Penghargaan.Istimewa

deLadeni.com, Tigaraksa-Sistem Informasi Jaringan Elektronik Medik Pasien Online (Si Jempol) Rumah Sakit Umum Daerah Balaraja Kabupaten Tangerang dan Tax Shopping program membayar pajak sambil berbelanja Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Tangerang berhasil meraih penghargaan dari Kementerian 
Pendayagunaan aparatur negara.

Apa saja isi inovasi pelayanan publik Pemerintah Kabupaten Tangerang ini?.

Si Jempol adalah aplikasi dari teknologi informasi dalam pelayanan pasien dan tata kelola yang telah diterapkan RSUD Balaraja Kabupaten Tangerang.

Si Jempol ini, memiliki fitur layanan  Reservasi Pasien Online, Anjungan Pendaftaran Pasien Mandiri, (E-brojol) Bayi lahir pulang bawa akta, (E-Resep) Penulisan dan pemrosesan resep elektronik dan terintegrasi, (Infoton) Informasi tempat tidur online dan (Sihakmas) Sistem informasi hasil pemeriksaan melalui SMS.

Menurut Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan program Si Jempol dapat meningkatkan kepercayaan terhadap rumah sakit, efisiensi biaya, data kependudukan dapat diketahui." Dan ini bukti komitmen Pemerintah Daerah dalam memberikan peningkatan layanan bagi masyarakat,"kata Zaki.

Adapun Tax Shopping merupakan program Pemerintah Kabupaten Tangerang yang bekerja sama dengan Bank BJB dan waralaba Indomaret serta Alfamart untuk mempermudah masyarakat dalam membayar pajak PBB-P2.

Program ini sudah berjalan sejak Tahun 2014 dengan PAD (Pendapatan Asli Daerah yaitu Target sebesar Rp 238 Miliar dan terealisasi melebihi target sebesar Rp 279 Miliar serta terakhir pada Tahun 2016 yaitu Target Rp 300 Miliar dan terealisasi melebihi target sebesar Rp 354 Miliar serta sudah terealisasi dan melebihi target.

Diharapkan melalui program ini masyarakat agar lebih mudah untuk membayar PBB-P2. “Karena tidak perlu lagi harus pergi jauh dan mengantri di Bank BJB melainkan bisa dilakukan di gerai-gerai terdekat seperti di Indomaret dan Alfamart, Berbelanja sambil membayar PBB-P2,” kata Zaki.

 

DANESHA ATHIRAH