idarzh-CNenja

Logo Hari Pers Nasional Sumatera Barat 2018. Istimewa

 

deLadeni.com, Jakarta - Hari Pers Nasional (HPN) 2018 secara nasional akan diperingati di Padang  pada 9 Februari 2018 dan akan diresmikan oleh Presiden RI, Joko Widodo. 

Salah satu kegiatannya  diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Sumbar ialah menerbitkan Buku Puisi Wartawan Indonesia.

Menurut koordinator acara Syarifuddin  Arifin, wartawan sekaligus penyair Padang buku puisi Yanga karena...

Gambaran tiga tokoh Tumenggung Aria Yudhanegara, Aria Wangsakara, dan Aria Jaya Santika dalam Karnaval Budaya di Tigaraksa, Jum'at, 29 Desember 2017, Foto :CiA/ deLadeni

 

deLadeni.com, Tigaraksa - Dalam riwayat diceritakan, bahwa saat Kesultanan Banten terdesak oleh Agresi Militer Belanda pada pertengahan abad ke-16, diutuslah tiga maulana yang berpangkat Tumenggung untuk membuat perkampungan pertahanan di wilayah yang berbatasan dengan Batavia.

Ketiga Tumenggung itu...

Pengumuman antologi Soekarno, Cinta dan Sastra dalam Festival Sastra Bengkulu. Foto: CiA/ deLadeni

 

deLadeni.com, Jakarta - Festival Sastra Bengkulu sedianya digelar di bumi kelahiran ibu negara RI pertama Fatmawati. Mengambil tema “Soekarno, Cinta dan Sastra.” Festival sastra  ini melibatkan penyair se-Indonesia dan mengundang pula penyair Asia Tenggara.

Willy Ana, kerua panitia acara mengatakan pihaknya saat ini sedang mengumpulkan puisi-puisi dari penyair...

Seminar tentang bahasa dan sastra di PPN X di Banten. FOTO:CiA/deLadeni

 

deLadeni.com, Serang - Pengajaran Bahasa dan Sastra menjadi topik menarik yang diangkat dalam Pertemuan Penyair Indonesia X Banten di Serang hari ini Ahad, 17 Desember 2017.

Seminar dengan tema Metode Mutakhir Pengajaran Bahasa Sastra itu menurut Ketua panita PPN X Sulaiman Djaya itu menghadirkan narasumber Prof. DR. Suminto A. Sayuti (Indonesia), Prof. DR. Nik Rakib bin Nik Hasan (Thailand), Mohamad...

Penyair ini akan tampil di Rumah Dunia dalam tarung puisi, Foto CiA/deLadeni
Penyair ini akan tampil di Rumah Dunia dalam tarung puisi. Foto CiA/deLadeni

 

deLadeni.com, Serang - Rumah Dunia Banten mempersembahkan pertunjukan puisi enam penyair Indonesia. Mereka tiga orang yang mentasbihkan sebagai 3 Penyair Gondrong karena ketiga lelaki ini berambut panjang. Dan tiga perempuan melawan kebathilan (wanthilan).

BACA JUGA : Suarakan Puisi Perdamaian Dunia, Penyair Tangerang Ramaikan PPN X

Siapa mereka, keenamnya sebenarnya tak asing di...

 Para peserta PPN X  berwisata sejarah Banten Lama
Para peserta PPN X berwisata sejarah Banten Lama

 

deLadeni.com, Serang - Pertemuan Penyair Nusantara (PPN)  X di Banten menghasilkan lima butir kesepakatan untuk perdamaian dunia.

Ketua pelaksana PPN X Chavchay Syaifullah menyebutkam perdamaian dunia adalah hajat hidup seluruh warga dunia.

Deklarasi yang dibacakan  di panggung PPN X Taman Budaya Banten di Serang pada Sabtu malam, 16 Desember 2017 oleh para deklarator diantaranya  Chavchay Syaifullah dan...

Penampilan penyair di PPN X,Foto CiA/deLadeni

 

deLadeni.com, Serang - Panggung pertunjukan di Balai Budaya Banten, yang  di  Taman Budaya Banten di Serang meriah pada malam terakhir Pertemuan Penyair Nusantara X, Sabtu, 16 Desember 2017.

BACA JUGA : Libur Natal dan Tahun Baru, Begini Pengamanan Bandara Soekarno-Hatta

Penampilan penyair nusantara begitu memukau dl panggung. Bahkan saking hebohnya sesama penyair seperti bertarung untuk menunjukan...

Ayu Cipta membacakan Soliloqui Sungai Naf
Ayu Cipta membacakan Soliloqui Sungai Naf

 

deLadeni.com, Serang - Sejumlah penyair asal Tangerang  Raya tampil  memukau di panggung Pertemuan Penyair Nusantara PPN X di Serang Banten, Sabtu sore, 16 Desember 2017.

Rini Intama yang jugu penulis buku Kidung Cisadane berkolaborasi dengan Saifullah, dosen Universitas Muhamadiyah Tangerang. Keduanya dengan apik membacakan puisi yang dipadukan berdua.

BACA JUGA : Bupati Berterimakasih, Masyarakat Membayar...

Seorang Helper mendapatkan reward atas pelayanan yang baik kepada pengguna bandara Soekarno Hatta. Foto Istimewa/deLadeni

 

deLadeni.com, Tangerang - Seorang pengguna jasa di Terminal 3, Bandara Soekarno-Hatta secara diam-diam kepincut dengan pria berseragam biru muda yang disebutnya sebagai tokoh.

Ia lalu menuliskan pengalamannya tentang pertemuan itu melalui akun media sosialnya.

BACA JUGA : Airport Helper Bandara Soekarno-Hatta : Jangan Beri Kami Uang...

Mumun, bolos kerja justru selamat dari kebakaran pabrik kembang api. FOTO: Cipta A/deLadeni
Mumun, bolos kerja justru selamat dari kebakaran pabrik kembang api. FOTO: Cipta A/deLadeni

 

deLadeni.com, Tangerang - Kebakaran hebat pabrik kembang api kawat milik PT Panca Buana Cahaya Sukses di Kosambi yang menewaskan 49 orang meninggalkan trauma dan penggalan pengalaman pahit bagi salah seorang pekerja yang selamat dari maut, Mumun, 45 tahun.

Mumun menceritakan pada hari nahas itu, Kamis 26 Oktober 2017, dia membolos kerja sebagai pekerja pengepakan kembang api...