idarzh-CNenja

Direvitalisasi, Begini Penataan Maskapai di Terminal 1 dan 2 Bandara Soekarno-Hatta

Suasana Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta sebelum revitalisasi. Fathir/deLadeni Area lampiran

 

deLadeni.comCengkareng - Kantor Cabang Utama Bandara Soekarno-Hatta, PT Angkasa Pura II mulai melakukan penataan maskapai penerbangan yang akan mengisi Terminal I dan 2 Bandara Soekarno-Hatta.

Penataan tempat operasional maskapai dalam dan luar negeri ini bagian dari revitalisasi dua Terminal itu yang saat ini sedang dilakukan. "Akan kami tata dimulai dari penempatan maskapai yang beroperasi," ujar Executive Senior Manager Bandara Soekarno-Hatta M Suriawan Wakan Senin 3 Desember 2018.

Karena revitalisasi dimulai dari Terminal 1 C, kata Suriawan, pengelola Bandara Soekarno-Hatta memindahkan terlebih dahulu maskapai Batik Air dan Citilink yang selama ini beroperasi di IC ke Terminal 2 E. "Batik Air pindah 5 Desember dan Citilink menyusul setelah Natal dan Tahun Baru."

BACA JUGA : Terminal 3 Soekarno-Hatta Menjadi Bandara Terbaik 2017 Pilihan Penumpang

Setelah direvitalisasi, Suriawan menjelaskan, Terminal I A dan B akan diisi Lion Air yang selama ini mendominasi penumpang penerbangan Low Cost Carriers (LCC) yang kini melayani  18 juta penumpang per tahun. Adapun Terminal I C sebagian diberikan kepada Lion Air,  dan beberapa maskapai kecil seperti Airfast, Trigana dan Aviastar. "Juga kalau ada maskapai baru kami siapkan di I C," kata Suriawan.

Selain itu sejumlah maskapai yang selama ini mengisi Terminal 2 dipindahkan ke Terminal 3 seperti Singapore Airlines pada 12 Desember mendatang. Maskapai AirAsia dipindahkan dari Terminal 3 ke Terminal 2 F. 

Menurut Suriawan, pemindahan AirAsia dari Terminal 3 ke 2 F ini menandai konsep baru Terminal 2 setelah direvitalisasi. "Konsep Terminal 2 akan berubah tidak lagi 2 D, E dan F, konsep nya sama dengan Terminal 3 yang terbagi dalam Terminal 2 Domestik dan Internasional LCCT"

BACA JUGA : Bandara Soekarno-Hatta Tambah Lima Armada Bus Lower Deck

Pembagian tempatnya, kata Suriawan, Terminal 2 Internasional akan diisi oleh maskapai AirAsia, Malindo, Thai, Lion, Tiger Scooth dan maskapai dengan konsep LCC lainnya. Adapun Terminal 2 Domestik akan diisi oleh Batik Air, Citilink dan Sriwijaya.

 

FATHIR MOHAMMAD