idarzh-CNenja

Tangerang Gerakan Seger Jasa Menuju Kota Layak Huni

Lurah Tanah Tinggi Hadi Ismanto mendapatkan penghargaan karena berhasil membebaskan warganya dari buang air besar di sembarang tempat, FOTO :ACI/deLadeni

 

deLadeni.com, Tangerang - Pemerintah Kota Tangerang menggerakan semua orang buang air besar di jamban sehat (Seger Jasa). Kampanye  ini bagian dari upaya untuk mensukseskan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

Menurut Sekretaris Daerah Kota Tangerang Dadi Budaeri, untuk mewujudkan STBM pihaknya memberikan motivasi berupa penghargaan  kepada kelurahan yang berhasil membebaskan warganya dari buang air besar sembarangan.

BACA JUGA : Kota Tangerang Populerkan Sedekah Oksigen

"Kami harapkan semua kelurahan di 13 Kecamatan pada 2018, sudah menggunakan jamban sehat," kata Dadi, Senin, 22 Agustus 2017.

Lurah Tanah Tinggi Hadi Ismanto salah satu yang mendapatkan penghargaan karena berhasil membebaskan warganya dari buang air besar di sembarang tempat mengatakan pola hidup sehat terus ia sosialisasikan kepada warganya.

"Ada 19 jamban yang kami bangun, saat ini tidak ada lagi warga yang buang air besar di luar jamban sehat," kata Hadi.

BACA JUGA : Kota Tangerang Kampanye Imunisasi Campak-Rubella

Saat ini menurut Kepala bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Tangerang Televisianingsih ada 14 kelurahan di Kecamatan Larangan, Cibodas, dan Tangerang  dinilai berhasil terbebas dari kegiatan buang air besar di sembarang tempat dan menerapkan pola sehat di lingkungan masyarakat.

Pihaknya kata Televisianingsih terus melakukan sosialisasi melalui puskesmas dan mengajak pihak swasta atau perusahaan di Kota Tangerang terlibat melalui program CSR untuk mendukung Tangerang sebagai Kota Layak Huni.

BACA JUGA : Imunisasi Campak dan Rubella Sasar 955.333 Anak Kabupaten Tangerang

Pemkot Tangerang pun menargetkan jambanisasi akan rampung pada 2017. Saat ini sudah terbangun 4.047 jamban dari target keseluruhan  1.000 jamban sehat.

 

KAFKA BAGASKARA