idarzh-CNenja

Segera Dibangun Jembatan Megah Antara Dadap dan Pulau Reklamasi

Ilustrasi penataan kawasan Dadap, Kosambi, Kabupaten Tangerang. istimewa/deLadeni

 

deLadeni.com, Kosambi - Sebuah jembatan atas laut akan dibangun dari Pantai Pasir Putih Dadap, Kosambi ke pulau reklamasi C dan D, Jakarta Utara. Tak tanggung tanggung biaya dianggarkan mencapai lebih dari Rp 1 triliun. "Jembatan ini nantinya akan menghubungkan langsung Kabupaten Tangerang dan Jakarta," ujar Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Tangerang, Slamet Budi kepada deLadeni, Senin 21 Agustus 2017.

BACA JUGA : Tangerang Gerakan Seger Jasa Menuju Kota Layak Huni

Jembatan penghubung Dadap-Pulau Reklamasi ini sepanjang 5 kilometer, sekitar 900 meter dibangun di wilayah Kabupaten Tangerang. "Bentangan nya 900 meter dengan lebar 49 meter," kata Budi.

Jalan ini, nantinya terdiri dari empat lajur dan dengan ketinggian 10 meter diatas permukaan laut. Jembatan, kata Budi, memang di desain tinggi agar lalu lintas kapal tidak terganggu oleh jembatan itu.

BACA JUGA : Sipintar Gantikan Bank Emok

Budi mengatakan jembatan ini nantinya akan dibangun oleh pengembang reklamasi. Sementara administrasi dan perizinannya diurus oleh Pemerintah DKI Jakarta, Pemerintah Provinsi Banten dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. "Kabupaten Tangerang hanya mengetahui saja," kata Budi.

 

GHAISAN FATHIR