idarzh-CNenja

Kota Tangerang Desak Proyek Jalan Kali Mookervart Dipercepat

Kemacetan jalan di simpang tiga jalan Daan Mogot-Merdeka-Kiasnawi Kota Tangerang. FOTO: AURORA/deLadeni
Kemacetan jalan di simpang tiga jalan Daan Mogot-Merdeka-Kiasnawi Kota Tangerang. FOTO: AURORA/deLadeni

 

deLadeni.com, Tangerang - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang mendesak PT. Moderna Teknik Perkasa sebagai pelaksana proyek jalan sisi selatan Kali Mookervart agar mempercepat pembangunan jalan itu.

Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin pun mendatangi pelaksana proyek dan sejumlah perusahaan yang terkena pembebasan lahan perluasan jalan.

Menurut Sachrudin percepatan pembangunan jalan sisi selatan Kali Mookervart ini untuk mengurangi kepadatan kendaraan dari Tangerang menuju Jakarta Barat.

"Kami mengecek dan menemui langsung pihak-pihak terkait yang lahannya terkena proyek. Agar dipercepat yang lahan sudah tersedia," kata Sachrudin, Jum'at, 4 Agustus 2017.

Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin meninjau proyek jalan sisi selatan Kali Mookervart. FOTO:ACI/deLadeni
Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin meninjau proyek jalan sisi selatan Kali Mookervart. FOTO:ACI/deLadeni

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Nana Trisyana  mengatakan pembangunan jalan sisi selatan Mookervart ini, telah ditetapkan sebagai jalan kota dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 Tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Tangerang Tahun 2012 – 2023.

BACA JUGA : Jalan Cisauk-Kranggan Ambles, Dinas Bina Marga : Kontraktor Tanggung Jawab

“Anggaran pembangunan jalan ini berasal menggunakan dana hibah dari Pemprov DKI Jakarta,” ujar Nana.

Nana mengatakn pembangunan ini sesuai dengan hasil kesepakatan kerjasama dengan Badan Kerja Sama Pembangunan (BKSP) Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi dan Cianjur (Jabotabekjur), terkait perluasan jaringan lalu lintas batas antara wilayah DKI Jakarta dengan daerah Kota Tangerang dan Bekasi.

"Pembangunan jalan sisi selatan Mookervart bertujuan untuk manambah kapasitas pergerakan lalu lintas di Daan Mogot sehingga akan turut mengurai kepadatan lalu-lintas di Jalan Daan Mogot, khususnya di pagi dan sore hari,” ujar Nana.

BACA JUGA : Targetkan 3 Tahun, Jasa Marga Selesaikan Operasional 660 KM Jalan Tol Baru

Pembangunan Jalan sisi selatan Mookervart yang sejajar dengan jalan Daan Mogot ini, lanjut Nana, menggunakan sistem multiyears dan dikerjakan selama dua tahun, mulai 2016 – 2017.

Dengan lebar 20 meter, termasuk median jalan dan trotoar. Di mana untuk jalan selebar 11,5 meter (dua jalur), sisanya untuk trotoar dan median jalan, di sebelah kanan dan kiri serta saluran air.

Adapun berdasarkan laporan pelaksana proyek PT. Moderna Teknik Perkasa, tercatat lokasi yang sudah dikerjakan yaitu Arcadia (270 meter), 3 Multi Gudang (100 meter), Era Prima (400 meter), MBI (405 meter), Polari (200 meter), Garda Bakti Nusantara (400 meter). Dengan total 1775 meter.

BACA JUGA : Ambles, Jalan Lingkar Selatan di Cisauk Diperbaiki

 

BUDI R MUDJO