idarzh-CNenja

Ini Tarif Parkir Reguler dan Parkir Inap Bandara Soekarno-Hatta

Direksi Angkasa Pura II dan PT Angkasa Pura Solusi saat meresmikan Parkir Inap Online di Bandara Soekarno-Hatta. Ghaisan/deLadeni.com

 

deLadeni.com, Cengkareng - Direktur Utama PT Angkasa Pura Solusi Maulidin Wahid Honre mengatakan parkir reguler diperuntukkan bagi pengunjung bandara atau penjemput yang tidak membutuhkan waktu lama untuk memarkir kendaraannya."Parkir reguler ini berlokasi di area parkir Terminal 1 dan Terminal 2, serta gedung parkir Terminal 3,"kata Maulidin  kepada deLadeni.com

 

Pemisahan lokasi parkir reguler dan parkir inap ini, kata Maulidin,  demi mengatur alur kendaraan terkait dengan lalu lintas bandara secara keseluruhan serta kemudahan penjemputan bagi penumpang yang tiba.

 

Adapun di lokasi parkir reguler untuk mobil pribadi diberlakukan sistem progresif yakni 1 jam pertama dikenakan Rp 5.000, kemudian tiap jam berikutnya Rp 4.000, dan apabila kendaraan parkir lebih dari 4 jam maka setiap jam berikutnya dikenakan Rp 10.000.

 

Maulidin menjelaskan, sistem progresif diberlakukan di lokasi parkir reguler karena pada dasarnya pengelola menghimbau agar penjemput atau pengantar tidak berlama-lama parkir untuk mengatur supaya tidak terjadi kepadatan di area parkir." Kebijakan sistem progresif ini juga untuk menghalau adanya angkutan tidak resmi seperti taksi gelap yang memanfaatkan area parkir reguler untuk mencari penumpang. Adapun salah satunya melalui kebijakan progresif ini, taksi gelap berhasil dihapuskan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.”

 

Sementara itu, untuk Parkir Inap mobil pribadi berlaku tarif untuk 4 jam pertama Rp 30.000 lalu tiap jam berikutnya Rp 6.000. Saat ini terdapat tiga lokasi Parkir Inap di Bandara Internasional Soekarno-Hatta yakni dua lokasi di area perkantoran dan satu lokasi di Terminal  1. 

 

AP II, kini juga memiliki layanan reservasi online parkir inap melalui aplikasi Parkir Inap CGK yang dapat diunduh di smartphone berbasis android sehingga memudahkan penumpang pesawat yang ingin menginapkan mobilnya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta."Bagi yang memarkir kendaraan di lokasi Parkir Inap di area perkantoran akan disediakan kendaraan yang mengantar ke terminal keberangkatan, begitu juga sebaliknya ketika tiba maka akan dijemput untuk diantar ke lokasi parkir inap,” kata Maulidin.

 

GHAISAN FATHIR