idarzh-CNenja

Masuk Musim Penghujan, Warga Diimbau Waspadai Bencana

Sampah di Sungai Cisadane bisa menyebabkan banjir. FOTO :CIPTA ADI /deLadeni

 

deLadeni.com, Tangerang - Warga Kota Tangerang diminta untuk waspada terhadap potensi bencana alam yang akan terjadi, terlebih dengan meningkatnya curah hujan yang tinggi. 

Hal ini diungkapkan oleh Sekretaris Daerah Kota Tangerang  Dadi Budaeri pada saat memimpin apel di kantor Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang, Selasa, 17 Oktober 2017.

BACA JUGA : Posbakum Pengadilan Agama Tangerang Bantah Minta Rp 20 Juta

"Bulan November ini sudah masuk musim penghujan, saya minta ada kesiapsiagaan dari semua pihak terhadap datangnya bencana," ujarnya dihadapan para pegawai BPBD Kota Tangerang. 

Untuk itu, Sekda juga menginstruksikan kepada segenap pegawai Kota Tangerang agar juga bisa meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana di Kota Tangerang, baik bencana banjir maupun kebakaran.

"Saya juga minta agar para petugas yang piket bisa melakukan olahraga secara rutin untuk menjaga kebugaran, sehingga bila ada kejadian bencana bisa dengan sigap menanganinya," kata  Dadi. 

BACA JUGA : Pungutan Cerai Rp 20 Juta, Oknum Pengadilan Agama Kota Tangerang Dilaporkan

Selain itu, Sekda juga meminta kepada para pegawai BPBD untuk bisa memberikan contoh kepada masyarakat terkait menjaga kebersihan lingkungan yang menjadi isu utama dalam pencegahan bencana banjir.

"Ini kalau saya lihat sudah bagus, cuma saya minta agar tidak ada lagi yang buang sampah sembarangan terlebih di saluran air," ujar  Dedi.

Selanjutnya, Sekda juga meminta kepada pegawai BPBD untuk bisa memberikan edukasi kepada masyarakat agar turut terlibat dalam melakukan pencegahan dan antisipasi bencana.

"Kita tidak bisa sendirian, harus merangkul semua untuk edukasi masyarakat," kata Sekda. 

Sementara itu, Kepala BPBD Kota Tangerang Irman Puja Hendra mengungkapkan berbagai upaya yang telah dilakukan oleh institusi yang dipimpinnya dalam rangka mengedukasi masyarakat terhadap  bahaya bencana.

BACA JUGA : Imigrasi Sebut Indonesia Jadi Negara Transit para Pengguna Paspor Palsu

"Mulai dari beberapa pelatihan yang dilakukan kepada masyarakat dibeberapa wilayah di Kota Tangerang. Salah satunya adalah bagaimana cara pemakaian alat pemadam kebakaran sederhana," kata Dadi. 

 

KAFKA BAGASKARA