idarzh-CNenja

Ramadhan dan Lebaran, TIKI Optimalkan Layanan  Pengiriman Barang

Kesibukan proses pengiriman barang di kantor pusat TIKI di Bandara Soekarno-Hatta. Jojo/deLadeni.com

 

deLadeni.com, Neglasari-Perusahaan jasa pengiriman paket barang, PT Citra Van Titipan Kilat atau TIKI mengantisipasi peningkatan pengiriman barang yang tinggi pada Ramadhan dan Lebaran tahun ini. Berbagai langkah dilakukan, dari penambahan armada angkutan, jumlah kurir, tenaga kerja operasional hingga penambahan slot penerbangan untuk pengiriman barang di wilayah Indonesia dan Luar Negeri." Antisipasi ini kami lakukan untuk menjaga standar pelayanan tetap maksimal,"ujar Direktur Muda Traffic dan Network TIKI, Ahmad Ferwito, Kamis 18 Mei 2017

 

TIKI memperkirakan lonjakan pengiriman barang pada bulan Ramadhan dan Lebaran tahun ini mengalami peningkatan 30 hingga 50 persen atau 2 juta paket dibandingkan hari biasa yang hanya mencapai 1,2 juta.

 

Ferwito mengatakan pengiriman paket barang akan didominasi oleh Incomer dan individual dengan komposisi 50 : 50 persen. Melonjak nya angka pengiriman paket barang diakui Ferwito akan berdampak pada perubahan pola kerja dalam proses pengiriman barang di kantor pusat TIKI Bandara Soekarno-Hatta. Kantor Pusat TIKI ini akan mengatur pengiriman barang melalui pesawat udara ataupun darat ke seluruh Indonesia dan Luar Negeri."Karena perubahan pola, gelombang kerja dan penerbangan akan disesuaikan,"katanya.

 

 

Jika pada hari biasa dalam sehari TIKI menggunakan lima slot penerbangan, menurut Ferwito, pada Ramadhan dan Lebaran akan ditambah menjadi tujuh gelombang atau tujuh slot penerbangan."Slot booking airlaine ditambah, karena jumlah paket dalam sehari baik udara darat mencapai  100 ton,"katanya.

 

Seiring dengan penambahan itu, Ferwito mengatakan, jumlah tenaga kerja operasional juga akan ditambah 15 persen dari 300 pekerja." Begitu juga dengan armada kendaraan ditambah 30 persen dari 115 kendaraan yang ada saat ini,"katanya. Dengan langkah antisipasi ini, TIKI berharap standar pelayanan tidak berubah yaitu 1-2 hari.

 

JOJO HARDJONO