idarzh-CNenja

Dua Penelitian Siswa Santa Laurensia akan Berlaga di Olimpiade Sains Internasional

Christoper Prasetya Mulya dan Devina Grisella mempresentasikan hasil penelitian mereka soal Butiran Cangkang Kerang Hijau dan Mangrove yang bisa mengatasi limbah lingkungan. FATHIR/deLadeni

 

deLadeni.com, Tangerang Selatan - Setelah Samuel Benedict, 17 tahun, siswa kelas 12 SMA Santa Laurensia Alam Sutera berhasil menciptakan cat tahan korosi dari helaian rambut dan  meraih meraih medali emas bidang kimia pada Genius Olympiad 2017 di Oswego, USA.

SMA Santa Laurensia Alam Sutera Serpong kembali menyiapkan tim penelitinya untuk mengikuti olimpiade sains tingkat internasional.

BACA JUGA : Pelajar Indonesia Borong Medali Lomba Matematika di Singapura

Kali ini, Penelitian soal limbah cangkang Kerang Hijau dan konsep inovasi Taman Kota yang menjadi juara tingkat nasional disiapkan untuk kompetisi Olimpiade Sains Internasional, kompetisi Olimpiade Sains Internasional, Intel ISEF, Pittsburgh, Pennsylvania, Amerika Serikat pada 17 Mei 2018 mendatang.

Kepala SMA Santa Laurensia Alam Sutera, Serpong Theja Kurniawan mengatakan untuk event bergengsi itu pihaknya kini sedang melakukan berbagai persiapan. "Salah satunya, kami mendapat mentoring tambahan dari LIPPI," katanya saat ditemui di SMA Santa Laurensia Alam Sutera, Rabu 13 Desember 2017.

BACA JUGA : Anak Kapolda Metro Jaya, Raih Grand Champion Lomba Matematika di Singapura

Sementara sebagai bentuk dukungan dari sekolah, Tedja mengatakan sekolah menyiapkan sejumlah fasilitas yang dibutuhkan siswa seperti 6  laboratorium IPA telah disiapkan.

Taman Berkonsep Sebagai Inovasi Pengembangan Taman Kota di Tangerang Selatan karya Sheilla Putri Wijanarko dan Felisya Anabel, Kelas 12 IPS Santa Laurensia. FATHIR/deLadeni

Adapun dua objek penelitian yang akan dibawa pada ajang bergengsi ke USA, Amerika tersebut adalah ; Penelitian Butiran Cangkang Kerang Hijau dan Mangrove yang bisa mengatasi limbah lingkungan karya Christoper Prasetya Mulya dan Devina Grisella, kelas 12 IPA. Karya ini menjadi juara 1 dalam Lomba Karya Ilmiah Remaja tingkat Nasional 2017.

Serta objek penelitian berjudul Taman Berkonsep Sebagai Inovasi Pengembangan Taman Kota di Tangerang Selatan karya  
Sheilla Putri Wijanarko dan Felisya Anabel, Kelas 12 IPS yang meraih mendali emas bidang Humoniria Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2017.

Theja mengatakan dua penelitian yang diunggulkan tersebut adalah sebagian kecil dari ratusan penelitian yang dilakukan oleh kelas 12 sekolah tersebut pada tahun ini. "Siswa kami telah melakukan 77 penelitian IPA dan 56 IPS," katanya.

BACA JUGA : Siswa Ini Ciptakan Cat Anti Korosi Dari Rambut, Kok Bisa?

Selain itu, kata Theja, empat penelitian siswanya juga menjadi finalis Lomba Karya Ilmiah Remaja, 2017 masing masing di bidang sosial 
dan kemanusiaan, ilmu hayati, kebumian dan kelautan serta ilmu pengetahuan teknik.

 

FATHIR MOHAMMAD