idarzh-CNenja

Peningkatan Keamanan, 1900 Kamera Pengintai Awasi Bandara Soekarno-Hatta

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi didampingi Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin saat melakukan sidak di Bandara Soekarno-Hatta pasca teror bom Surabaya. Dok AP II

 

deLadeni.com, Cengkareng - Pengelola Bandara Internasional Soekarno-Hatta, PT Angkasa Pura II memaksimalkan fungsi dan kinerja kamera pengawas atau CCTV dalam menjaga keamanan kawasan Bandara Soekarno-Hatta ditengah maraknya teror bom saat ini. "Ada 1900 CCTV yang ikut mengawasi Bandara Soekarno-Hatta selama 24 jam," kata Executif Senior General Manager Bandara Soekarno-Hatta M Suriawan Wakan, Rabu 16 Mei 2018.

Menurut Wakan, kamera CCTV merupakan salah satu fasilitas berteknologi canggih yang ada di Bandara Soekarno-Hatta saat ini. Dia memastikan kamera pengawas ini berfungsi dan sangat membantu dalam pengamanan bandara pascateror bom di Surabaya.

BACA JUGA : Pasca Teror Bom Surabaya, Bandara Soekarno-Hatta Dijaga 3500 Personil

Menurut Wakan, saat ini sebanyak 1900 unit CCTV terpasang dan mengawasi publik area maupun nonpublik area di Bandara Soekarno-Hatta. "Jumlah CCTV Bandara juga telah ditambah 300 unit dari sebelumnya 1600 unit," katanya.

Sehingga, kata dia, coverage kamera pemantau ini juga diperluas.

Menurut Wakan, kamera pengawas ini terpasang di seluruh area Bandara Soekarno-Hatta baik di dalam Terminal, jalan jalan hingga kompleks perkantoran di Bandara. "Kerja kamera pengawas ini dikendalikan di pusat ruang kendali dan bekerja selama 24 jam," katanya.

BACA JUGA : Pasca Teror Bom Surabaya, Bandara Soekarno-Hatta Dijaga 3500 Personil

Menurut Wakan, keberadaan CCTV ini sangat membantu petugas dalam meningkatkan keamanan dan kenyamanan Bandara Soekarno-Hatta. "Ini adalah bagian dari fasilitas teknologi yang disediakan pengelola Bandara dalam mengawasi secara keseluruhan area Bandara," katanya.

Wakan berharap tak ada satupun aktifitas pergerakan orang dan barang di Bandara Soekarno-Hatta yang luput dari pengawasan ini.

BACA JUGA : Korban Ledakan di Panongan Jadi Tiga Orang

Kapolres Bandara Soekarno-Hatta Ajun Komisaris Besar Viktor Togi Tambunan mengatakan pengamanan Bandara Soekarno-Hatta juga ditambah dengan menurunkan ribuan personil gabungan dari unsur Polri, TNI dan Satuan pengamanan dari Angkasa Pura II. "Kami melakukan patroli bersama dengan frekuensi dilipatgandakan, pemeriksaan kendaraan secara acak dan pemeriksaan orang dan barang secara intensif," kata Viktor.

 

FATHIR MOHAMMAD