idarzh-CNenja

Kabupaten Tangerang Mulai Cetak KTP Elektronik Anak

Petugas loket di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tangerang. FOTO:CIPTA ADI/deLadeni
Petugas loket di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tangerang. FOTO:CIPTA ADI/deLadeni

 

deLadeni.com, Tigaraksa - Pemerintah Kabupaten Tangerang mulai melakukan percetakan Kartu Identitas Anak atau KTP Elektronik khusus anak.

Menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tangerang Syafrudin percetakan KTP anak ini sudah dimulai sejak awal 2018 lalu. "Sekarang realisasinya sudah 20 persen, akhir tahun kami targetkan hingga 60 persen dari 800 anak," kata Syafrudin, Kamis 5 Juli 2018.

Syafrudin mengatakan e KTP anak sudah direncanakan sejak dua tahun lalu. Namun, karena ada berbagai kendala realisasinya baru berjalan awal tahun ini. "Respon masyarakat cukup bagus, 20 persen dari 800 ribu anak di Kabupaten Tangerang kini sudah miliki e KTP, "katanya.

BACA JUGA : Bupati Zaki Bagikan Blangko KTP-el kepada Camat, Ingatkan Saber Pungli

Syafrudin menjelaskan program KTP anak adalah salah satu langkah dalam menertibkan administrasi kependudukan warga Indonesia. "Tujuannya untuk lebih tertib administrasi dan masyarakat akan dimudahkan dalam pengurusan layanan perbankan, sekolah dan sebagai," kata dia.

Menurut Syafrudin, KTP anak diperuntukan untuk warga yang berusia 0-18 tahun. Syarat untuk mendapatkan KTP anak ini cukup mudah, tercatat sebagai warga Kabupaten Tangerang melalui Kartu Keluarga yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tangerang.

E KTP anak dan orang dewasa memiliki banyak perbedaan terutama pada warna. e KTP untuk anak berwarna merah muda terutama pada bagian identitas dan dihalaman belakangnya berwarna merah dengan gambar peta Indonesia berwarna kuning. Diatas tertulis Kartu Identitas Anak.

BACA JUGA : Stok Blangko KTP - el di Kabupaten Tangerang Kosong

Pada halaman indentitas dimuat NIK, nama lengkap anak, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, golongan darah, nomor kartu keluarga, nama kepala keluarga, nomor akte lahir, agama, kewarganegaraan dan alamat dan berlaku lima tahun.

Sementara pada e KTP umumnya berwarna biru yang hanya mencantumkan NIK, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, alamat, agama, status perkawinan, pekerjaan dan kewarganegaraan, berlaku seumur hidup.

 

FATHIR MOHAMMAD