idarzh-CNenja

Perwira Coffee, Sajian Cita Rasa Kopi Khas Gunung Manglayang

Barista Ifan Rifaldi sedang meracik kopi di Perwira Coffee. Foto. AC/deLadeni

 

deLadeni.comTigaraksa - Secangkir Vietnam Drip racikan Barista Ifan Rifaldi tandas diminum Cipta Adi, 45 tahun seorang fotografer di Tangerang.

"Segar, tidak asam dan joss," komentar spontanya  mengundang tawa.

Sajian Arabica kopi dicampur susu kental itu terasa segar diseruput di tengah sore  bersahaja di pelataran kantor Dinas Penanaman Modal, Pelayanan dan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Puspem Kabupaten Tangerang di Tigaraksa, akhir pekan lalu.

Selama empat hari Barista Ifan disibukan meracik minuman kopi di Perwira Coffee. Stand  kopi itu hadir selama empat hari dari tanggal 26 hingga 29 Desember 2018 mengisi kegiatan pameran usaha mikro kecil menengah (UMKM) dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kabupaten Tangerang ke-75.

BACA JUGA : Pusat Oleh - Oleh khas Kota Tangerang di Kecamatan Benda Dibangun

Selama empat hari itu, pengunjung Perwira Coffe membludak, pagi siang dan malam kaum tua muda berdatangan di stand paling ujung di sentra food itu. 

Mereka santai, bersendau gurau, ada yang diskusi sambil menyeruput berbagai sajian kopi dengan cita rasa beragam. Ada espresso, tubruk, es kopi hingga Vietnam Drib. 

Soal harga masih terjangkau, tak menguras isi kantong. Paling mahal untuk Vietnam Drib hanya dibanderol Rp 20 ribu saja.

Owner Perwira Coffee Raja Farid Hendra memastikan booth ini selepas pameran menjadi cikal bakal kedai kopi pilihan bagi pecinta maupun penikmat kopi. 

"Mengusung konsep edukasi mengenai kopi. Pengunjung tidak sekadar mencicipi, tapi juga mendapat pelajaran  mulai dari cara produksi sampai menjadi secangkir  kopi," kata Raja Hendra.

Dirut PT Media Cakrawala Gemilang, Beni Sungkawa dan Cipta Adi sedang menyapa pengunjung Perwira Coffee. Foto. AC/deLadeni

Raja Hendra mengatakan ke depan Perwira Coffee juga mengembangkan pelatihan  hingga pendidikan bagi masyarakat tentang proses pengolahan kopi dari hulu sampai ke hilir, masyarakat harus tahu bagaimana kopi ini diproses hingga menghasilkan aroma kopi yang khas.

Pandega Perwira Coffee kata Hendra ada ditangan tiga kreator sekaligus wirausahawan muda yang berkolaborasi dalam usaha baru coffeshop, workshop dan pelatihan jurnalistik ala deLadeni com., sebuah portal berita yang mengemas informasi layanan publik dan akan berkembang dengan kanal usaha UMKM. 

Mereka adalah Beni Sungkawa yang lebih mapan sebelumnya dengan usaha BensLed di Tangerang Barat sekaligus Direktur Utama PT Media Cakrawala Gemilang, perusahaan portal deladeni.com.

Lalu  Ifan Rifaldi usahawan muda pemilik perkebunan kopi di Bukit Manglayang, Bandung  dan Cepi R Permana dari Bogor Jawa Barat pemilik merek dagang keripik Chepay. 

"Ketiga orang ini magma Perwira Coffee," kata Raja Hendra, bukan sedang promosi.

BACA JUGA : Malam Tahun Baru Masyarakat Tangerang Diimbau Donasi Tsunami dan Tak Hura-hura

Dia pun yakin usaha ini akan melejit apalagi konsep edukasi coffee ini  masih belum begitu banyak di Tangerang.

"Warung  dan kafe boleh banyak tapi  kedai Perwira Coffee hadir dengan konsep kekinian. Sebab Tuhan ciptakan kopi agar kita semua bisa bertatap muka, bersilaturahim," kata Hendra berfilosofi..

Perwira Coffee dapat menjadi salah satu pilihan bagi pecinta maupun penikmat kopi. Dan asyiknya, barista Ifan sambil menuangkan kopi espresso dari moka pot bersedia bercerita bagaimana proses kopi Arabica itu dibuat.

"Kalau wine kami fermentasikan  dulu hingga ada cita rasa khas, wah beda banget dengan kopi tubruk atau espresso," kata Ifan.

Ifan sendiri sebagai produsen kopi Pegunungan Manglayang juga  menyediakan kemasan biji kopi asli dari petani kopi Gunung Manglayang. Biji kopi tersebut berupa biji kopi yang belum diolah (ceri), gabah, green beans, maupun roasted beans.

"Silakan bisa diseduh di rumah," katanya sumringah.

Suasana Perwira Coffee dalam booth pameran di Puspemkab Tigaraksa. Foto. AC/deLadeni

Partner Ifan di Perwira Coffee, Beni yang merupakan Magister bidang komputer lebih mengembangkan bagaimana Perwira Coffee mendapat market tersendiri di hati pengunjung.

"Ada interaksi menarik antara pengunjung dan kami  sehingga kedai  bisa berkolaborasi dengan banyak kalangan untuk menciptakan inovasi kekinian dalam berbagai bidang bisa bisnis, seni atau digital,"ujar Beni yang juga menggemari binatang kelinci ini.

BACA JUGA : Kabupaten Tangerang Rayakan HUT ke-73, Bupati Galang Dana Tsunami Selat Sunda

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar pun mengapresiasi inovasi dan kreasi anak muda di Kabupaten Tangerang dalam pameran usaha yang diadakan SC dan OC Tangerang Youth Festival itu.

“Kemeriahan tersebut sebagai ajang wirausaha muda untuk mengasah kreativitas serta inovasinya dalam menjawab kebutuhan masyarakat Kabupaten Tangerang khususnya di bidang kuliner dengan produk unggulan masing-masing," kata Zaki.

Barista Ifan pun makin semangat dia ungkapkan, "kami tak berhenti di sini  Perwira Coffee akan hadir dalam bentuk kedai berkonsep milenial klasikal dengan cita rasa kopi khas Gunung Manglayang," kata Ifan.

 

BUDI R MUDJO, IFFAL