idarzh-CNenja

Peringati Hari Kartini, Rumah Pintar Cigaru Gelar Lomba Baju Adat

Rumah Pintar Cigaru peringati hari Kartini, Rabu 24 April 2019. FOTO:Mas Sutusna

 

deLadeni.com, Cisoka - Puluhan anak didik Rumah Pintar Cigaru tampil memukau di depan para pengajar dan orangtua. Mereka memeragakan baju adat istiadat dari berbagai daerah di Indonesia. 

Lomba baju adat itu  dalam rangka memperingati hari Kartini yang digelar di Rumah Pintar  yang berlokasi di Kampung Cigaru Cisoka  Kabupaten Tangerang  Rabu 24 April 2019.

BACA JUGA : Perpustakaan Keliling Menjaring Minat Baca Masyarakat

Hari Kartini diperingati setiap 21 April sesuai kelahiran Raden Ajeng Kartini  yang lahir di Jepara  21 April 1879. Istri Radèn Adipati Djajadiningrat ini merupakan pahlawan nasional. Kartini  merupakan tokoh emansipasi wanita.

Ketua panitia acara peringatan Hari Kartini Livia Lichwan  mengatakan perjuangan R.A Kartini menginspirasi para pengajar untuk mengisi dengan kegiatan di Rumah Pintar Cigaru bersama rekan-rekan Idepreneurs. 

"Kami berbagi ilmu dan pengalaman di Rumah Pintar Cigaru ini," kata Livia yang juga seorang pengajar.

Bersama dengan guru pengajar lain  Ina dan Anelius, Livia menyiapkan  lomba baju adat, lomba hias sepeda.

BACA JUGA : Tingkatkan Minat Baca, Motor Binmas Ini Dijadikan Perpustakaan Keliling

"Anak-anak antusias dan penuh kreativitas," kata Livia bangga. Apalagi orangtua siswa datang memberikan dukungan kepada anak-anak didik.

Livia mengatakan Rumah Pintar Cigaru  memberikan pengajaran bagi anak-anak di lingkungan Kampung Cigaru, dari semula dua pekan sekali menjadi empat kali dalam sepekan.

Rumah Pintar Cigaru didirikan Prianto Indra seorang pengusaha sekaligus Ketua Umum Idepreneurs. Menurutnya dengan berbagai kegiatan di Rumah Pintar Cigaru membuatnya gembira. 

" Teman-teman pengusaha kami sangat senang ada kegiatan seperti ini, kita tidak hanya bicara bisnis dan usaha, tapi juga terlibat dalam kegiatan sosial dan berdampak untuk orang lain," kata Prianto.

BACA JUGA : Motor Perpustakaan Keliling Masuk Program Pos Cisadane

Prianto juga berharap anggota Idepreneurs terus bertambah dan terus memberikan dampak untuk masyarakat luas. 

Rumah Pintar Cigaru dikelola bersama Erwin Chandra (Sekjen) dan sahabat Idepreneurs lainnya, Saat ini anak didik  di Rumah Pintar Cigaru mencapai 40 anak. Rumah pintar ini diresmikan Pemerintah Kabupaten Tangerang  sekitar November tahun lalu.

Livia mengatakan tak hanya acara peringati hari Kartini kegiatan lain adalah menonton Disney On Ice di ICE BSD City pada 25 April  dan  anak didik Rumah Pintar Cigaru juga akan mengisi acara  di Pekan Raya Jakarta Juni mendatang.

 

MAD SUTISNO