idarzh-CNenja

Depresi, Pengawas TPS di Mauk Dilarikan ke RS Jiwa

Penghitungan suara di salah satu TPS di Mauk, FOTO:Mad Sutisna

 

deLadeni.com, Tangerang -  Yosep Maulana Yusuf anggota Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) di Mauk Kabupaten Tangerang mengalami depresi. Keluarganya  kemudian membawanya ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) di Grogol Jakarta Barat.

Yosep merupakan warga Kampung  Bubulak, Desa Marga Mulya, Kecamatan Mauk. Dia bertugas sebagai anggota PTPS  04. 

BACA JUGA : Hari Pencoblosan Pilpres, Gubernur Banten Minta Masyarakat Kondusif

Ayah Yosep, Uci Sanusi mengatakan anaknya selepas mengawal  jalannya pemilihan umum di TPS 04 Desa Marga Mulya tidak bisa tidur.

"Dia  melamun tatapan matanya kosong, malahan mengamuk sendiri di dalam rumah,*kata  Uci 

Di rumahnya Yosep lebih sering melamun,  bengong dan mondar-mandir di dalam rumah. "Saat saya dan isteri berada di luar rumah Yosep mengamuk merusak  barang-barang dan sedang menyalakan api hendak membakar kamar tidur,"kata Uci.

Karena khawatir Uci pun melaporkan perangai aneh anaknya itu ke Panwaslu Kecamatan Mauk. Uci dan keluarganya pun sepakat membawa anaknya itu RSJ Grogol pada Selasa, 23 April 2019 lalu.

BACA JUGA : Coblos Ulang di Tangerang Prabowo-Sandi Menang

"Dokter menyarankan  kami tidak menjenguk Yosep setiap hari.  Alasannya agar dia tenang dan bisa istirahat  cukup,"ujar Uci.

Uci menuturkan anaknya pada 2014 lalu pernah mengalami gangguan serupa namun tak sampai mengamuk. "Itu hanya terjadi beberapa  pekan,"katanya.

Uci pun pernah melarang anaknya agar selepas menjadi pengawas TPS pulang ke rumah beristirahat, "tapi dia menginap di TPS itu,"katanya.

BACA JUGA : 22 TPS di Kota Tangerang Coblos Ulang 27 April 2019

Dihubungi terpisah anggota Panwaslu Kecamatan Mauk Federick  mengatakan  belum mengetahui apa penyebabnya, Dia menduga jika itu merupakan penyakit lama yang kambuh kembali.

Sementara Anis Darari anggota Bawaslu Kordinator SDM baru akan mengunjungi keluarga Yosep paa Sabtu esok hari 27 April 2019.

 

MAD SUTISNA