idarzh-CNenja

Ayo! Beramal dengan Sedekah Sampah

Masyarakat menabung sampah di kantor DLH untuk disedekahkan melalui Bazda. FOTO: ACI/deLadeni

 

deLadeni.com, Neglasari - Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang meluncurkan program sedekah sampah. Kegiatan ini untuk mengurangi sampah yang ada di perkotaan.

Kepala Bidang Pertamanan pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang Buce Gartina mengatakan, program sedekah sampah berupa pengumpulan sampah anorganik.

"Sampah yang disedekahkan adalah sampah anorganik yakni sampah yang sudah dipilah dari  sampah domestik (rumah tangga)," kata Buce kepada deLadeni, Jum'at 14, Juli 2017.

BACA JUGA : Membludak, Pembuatan Kartu Kuning Akan Digeser ke Kecamatan

Buce mengatakan sedekah sampah merupakan bagian dari upaya DLH mengurangi timbunan sampah di Kota Tangerang.

Prinsipnya kata Buce masyarakat memilah sampah anorganik yang masih bisa bernilai. Lalu sampah yang sudah dikumpulkan dijual dan hasilnya diserahkan ke Badan amil zakat daerah (Bazda) Kota Tangerang untuk sedekah.

"Sejauh ini sedekah yang telah diserahkan sebesar  Rp. 3 juta."

Penabungan sampah ini memang saat ini baru sebatas di Kantor Dinas LH saja setiap hari Ju'mat, namun nantinya akan meluas ke seluruh Kota Tangerang.

Banner alur sedekah sampah disosialisasikan di kantor DLH. FOTO:ACI/deLadeni

"Kami akan segera sosialisasi ke sekolah, kantor kelurahan dan kecamatan dan kantor organisasi perangkat daerah (OPD)."

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan sedekah sampah merupakan program sosial yang juga bertujuan untuk mengurangi volume sampah di Kota Tangerang.

"Program sedekah sampah merupakan salah satu solusi pengelolaan sampah berbasis masyarakat," kata Arief.

Selanjutnya program ini diharapkan mampu menggerakan kelompok-kelompok masyarakat dan juga individu untuk lebih peduli terhadap lingkungannya.

BACA JUGA : Soal Lelang Sekda Kabupaten Tangerang, Ini Kata Bupati Zaki Iskandar

Pasalnya, melalui gerakan peduli sampah masyarakat selain dapat membantu pengelolaan sampah di lingkungannya juga dapat beramal dengan menyumbangkan sampah yang dimilikinya ke BAZDA melalui bank sampah yang ada di sekitar rumahnya.

 

KAFKA BAGASKARA