idarzh-CNenja

Layani Pemberangkatan Haji 2017, Ini Persiapan Bandara Soekarno-Hatta

Bus angkutan rombongan jemaah haji di Bandara Soekarno-Hatta. Dok AP II/deLadeni
Bus angkutan rombongan jemaah haji di Bandara Soekarno-Hatta. Dok AP II/deLadeni

 

deLadeni.comCengkareng - Pengelola Bandara Internasional Soekarno Hatta telah melakukan persiapan untuk melakukan pelayanan pemberangkatan haji 1438 H/2017.

Branch Communication Manager Kantor Cabang Utama Bandara Soekarno-Hatta PT Angkasa Pura II, Dewandono Prasetyo Nugroho mengatakan berbagai persiapan telah dilakukan dari penyediaan slot penerbangan, pembuatan kartu Pas (ID) hingga sarana dan prasarana pemberangkatan jemaah haji ke Bandara Soekarno-Hatta. "Prinsipnya, kami sudah siap menyambut para calon jemaah haji," kata Dewandono, Ahad 30 Juli 2017.

Menurut Dewandono, untuk kesiapan ini berbagai lembaga terkait ikut mendukung seperti, IASM telah menjanjikan memberikan prioritas slot penerbangan Haji, Otoritas Bandar Udara telah siap menerbitkan Pas (ID) harian kepada petugas Haji yang masih menggunakan Pas Haji di Halim. 

BACA JUGA : Layanan Pemberangkatan Haji Bandara Halim Dipindahkan ke Bandara Soekarno-Hatta

Selain itu angkutan bus untuk calon jemaah haji disertai bagasinya akan diberangkatkan dari Asrama Haji dalam kondisi steril hingga masuk melalui pintu Kargo Bandara Soekarno-Hatta dengan dipandu petugas AMC. "Juga dengan pengawalan petugas Aviation Security (Avsec)," kata Dewandono.

Agar tepat waktu, Dewandono mengatakan, pemberangkatan jemaah dari asrama haji menuju ke Bandara Soekarno-Hatta minimal 3,5 jam sebelum jadwal keberangkatan ke Arab Saudi. 

Agar menuju Bandara Soekarno-Hatta angkutan rombongan haji lancar, Dewandono mengatakan, pengelola Bandara Soekarno-Hatta juga telah memasang rambu petunjuk arah. "Saat ini secara teknis tidak ada kendala baik di runway selatan dan utara. Semua dalam kondisi baik dan lancar."

BACA JUGA : Ruang Bermain Anak Disediakan di Kantor-Kantor Layanan Perizinan

PT Angkasa Pura II menyatakan kesiapannya melayani pemberangkatan jemaah haji 1438 H/2017 yang dialihkan dari Halim Perdana Kusuma Jakarta ke Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang. Dialihkannya layanan pemberangkatan haji ini dilakukan karena Runway Bandara Halim terkelupas dan dalam proses perbaikan.

 

GHAISAN FATHIR