idarzh-CNenja

3 Hari Razia Kendaraan Overload di Tol Sedyatmo, Cek Tanggalnya

Razia Kendaraan Overload di jalan Tol Sedyatmo. Foto: Istimewa/deLadeni

 

deLadeni.com, Jakarta - Selama tiga hari, mulai hari ini Selasa, 22-Kamis, 24 Agustus 2017 PT. Jasa Marga (Persero) Tbk dan Kepolisian  daerah Metro Jaya dan Dinas  Perhubungan DKI melakukan  penertiban kendaraan kelebihan muatan (overload). 

BACA JUGA : Targetkan 3 Tahun, Jasa Marga Selesaikan Operasional 660 KM Jalan Tol Baru

General Manager Cabang Cawang Tangerang Cengkareng Bagus Cahya AB, menjelaskan operasi penertiban terhadap kendaraan truk overload dilakukan di Jalan Tol Prof. Dr. Ir. Sedyatmo arah Jakarta Km 21+200 (setelah Gerbang Tol Kapuk).

Penertiban yang rutin dilakukan setiap enam bulan sekali itu menurut Bagus merupakan salah satu upaya Jasa Marga untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna jalan dalam berkendara di jalan tol.

BACA JUGA : Antisipasi Kemacetan, Jalan Tol Tangerang-Merak Ditambah Empat Lajur

"Operasi ini untuk mengurangi hambatan di jalur akibat kerusakan patah baut roda dan patah as yang berpotensi mengganggu lajur jalan," kata Bagus, hari ini Selasa, 22 Agustus 2017. 

Bagus menambahkan kendaraan  yang disasar adalah kendaraan  bertonase melebihi kapasitas di luar ketentuan. 

Razia penertiban ini rutin dilakukan di sejumlah ruas tol Jasa Marga dalam rangka menegakkan UU No. 22 tahun 2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan dan Peraturan Pemerintah No 15 tahun 2005 tentang Jalan Tol yang mengatur tentang kendaraan dengan MST (Muatan Sumbu Terberat) yang boleh melewati jalan tol.

BACA JUGA : 210 Kilometer Jalan Tol Baru Beroperasi

Selain itu, Bagus juga menyampaikan penertiban ini juga bertujuan untuk mengurangi potensi kecelakaan akibat tabrak belakang yang salah satu penyebabnya adalah kendaraan _overload_ yang berjalan perlahan karena kelebihan beban. 

 

BUDI R MUDJO