idarzh-CNenja

Ini Skenario Dalam Penerbangan Jika Gunung Agung Meletus

Ilustrasi bandara. deLadeni
Ilustrasi Bandara. /deLadeni

 

deLadeni.com, Cengkareng - Direktur Perhubungan Udara Agus Santoso mengatakan telah disiapkan sejumlah langkah antisipasi dalam penerbangan jika Gunung Agung meletus. "Diantaranya adalah pengalihan penerbangan ke sejumlah Bandara," kata Agus, Sabtu 23 September 2017.

Menurut Agus, ada beberapa titik pengalihan penerbangan yaitu Bandara yang berada di Surabaya, Banyuwangi, dan Lombok. "Para penumpang akan dialihkan ke rute lainnya melalui akses darat atau laut," katanya.

BACA JUGA : Status Gunung Agung Awas, Pemerintah Siapkan Skenario Penerbangan

Prosesnya, kata Agus, penumpang diangkut ke titik - titik yang sudah disiapkan. Kemudian baru diterbangkan ke masing - masing tujuannya. "Tanpa dipungut biaya lagi dan difasilitasi maskapai," kata Agus.

Agus menyatakan bila aktivitas Gunung Agung mengeluarkan debu - debu vulkanik es, maka dilakukan penutupan di Bandara Ngurah Rai, Bali. "Semoga tidak terjadi dan kami akan melakukan antisipasi soal ini. Saat ini belum ada ancaman, dan belum berdampak pada dunia penerbangan. Tapi kami pantau terus dan komitmen terkait masalah ini," ungkapnya.

BACA JUGA : Pemandu Karaoke di Serpong Tewas, Penyebabnya Bikin Miris

Sementara itu Direktur Produksi Garuda Indonesia, Puji Handayani menambahkan pihaknya akan mematuhi aturan tersebut. "Kamipun, sudah punya perencanaan. Kami ada prosedur bila terjadi vulkanik es pada gunung itu, termasuk pengalihan rute pesawat. Emergency juga sudah disiapkan," papar Puji. 

 

FATHIR MOHAMMAD