idarzh-CNenja

Pagar Kawat Bandara Budiarto Disikat Maling, Satu Tertangkap

Barang bukti pagar kawat Bandara Budiarto yang dicuri maling. Foto: CiA/ deLadeni

 

deLadeni.com, Legok - Sebanyak 32 lembar pagar BRC milik Bandara Budiarto di Kampung Bojong Desa Kemuning Kecamatan Legok Kabupaten Tangerang raib digondol maling.   

Pencurian itu dilaporkan pihak bandara ke Polsek Legok, pertengahan Januari 2018 lalu. Akibat pencurian itu kerugian bandara diperkirakan mencapai Rp 33 juta.

Atas laporan itu, polisi sigap bertindak. Seorang pencuri berhasil ditangkap, seorang lagi buron.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polresta Tangerang Selatan Ajun Komisaris Alexander Yurikho menyatakan tersangka  yang berhasil ditangkap adalah Mad Soleh. Sedangkan Padil masih dalam pencarian polisi.

"Dalam pengakuan Mad Soleh sudah melakukan pencurian sebanyak empat kali," kata Yurikho, Sabtu, 27 Januari 2018.

Mad dan Padil mencuri selama kurun November 2017 hingga pertengahan Januari 2018.

Setelah tersangka Mad Soleh diinterograsi, pelaku mengakui bahwa perbuatannya dilakukan dengan cara terlebih dahulu menggunting satu persatu jari- jari kawat pagar dengan menggunakan gunting besi milik Padil.

Setelah itu barang curian tersebut   dimasukan ke dalam  karung plastik dan  dijual kepada tukang jual beli barang bekas keliling sebesar Rp 400 ribu.

Yurikho mengatakan dengan pagar hilang maka dapat membahayakan proses penerbangan karena  landasan pacu dapat menjadi tidak steril (baik hewan maupun orang) karena tidak ada pagar yang membatasi.

BACA JUGA : 

Tersangka dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. Ancaman hukumannya di atas lima tahun penjara.

 

BUDI R MUDJO