idarzh-CNenja

Teror Bom Surabaya, Begini Skema Peningkatan Keamanan di Bandara Soekarno-Hatta

Suasana pemeriksaan orang di Bandara Soekarno-Hatta. fathir/deLadeni

 

deLadeni.com, Cengkareng - Kepolisian Resort Bandara Soekarno-Hatta melakukan perubahan skema pengamanan di Bandara Soekarno-Hatta pasca teror bom yang terjadi di Kota Surabaya. "Skema pengamanan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang Banten ditingkatkan dengan penambahan personil dan pemeriksaan," ujar Kapolres Bandara Soekarno-Hatta Ajun Komisaris Besar Viktor Togi Tambunan, Selasa 15 Mei 2018.

Menurut Viktoe, peningkatan keamanan ini dilakukan dengan berbagai cara dari pemeriksaan randam check kendaraan yang masuk hingga patroli bersama yang frekuensi dilipatgandakan. "Skema pengamanan ini melibatkan seluruh instansi di Bandara Soekarno-Hatta," katanya.

BACA JUGA : Warga Tangerang Korban Bom Surabaya Dikremasi Besok

Viktor mengatakan koordinasi yang sudah tercipta dengan baik antara kepolisian dengan instansi di bandara seperti Angkasa Pura II, Otoritas Bandara, Imigrasi , Bea dan Cukai serta Badan Karantina memudahkan pelaksanaan peningkatan keamanan ini. "Komunitas Bandara Soekarno-Hatta (Kombata), sangat bersinergi dalam menangani kondisi seperti yang terjadi saat ini," kata Viktor.

Viktor menjelaskan, ribuan petugas gabungan yang terdiri dari TNI, Polri dan Avsec Bandara Soekarno-Hatta diturunkan untuk menjaga area Bandara. Penjagaan dimulai dari jalan dan pintu masuk Bandara. "Kami lakukan pemeriksaan kendaraan secara acak di pintu masuk Terminal 1,2 dan 3."

BACA JUGA : Teror Bom Surabaya, Angkasa Pura II Perketat Pengamanan 14 Bandara

Sementara untuk pemeriksaan barang dan orang, kata Viktor dilakukan petugas saat akan masuk Terminal. Untuk pengamanan area Bandara, Viktor mengatakan, petugas gabungan TNI/POLRI  menambah frekuensi patroli dengan berjalan kaki menyusuri area Bandara. "Dari 4 kali menjadi enam kali, jika kondisi Bandara sedang ramai patroli kami tambah lagi," kata Viktor.

Semua itu, kata Viktor, dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat pengguna jasa Bandara Soekarno-Hatta. "Kami juga menghimbau agar masyarakat tidak takut, tetap beraktivitas seperti biasa, dan bersama sama melawan teror ini dengan tidak menshare foto dan video terkait tindakan teror."

BACA JUGA : Teror Bom Surabaya, 6000 Personil Jaga Bandara Soekarno-Hatta

 

FATHIR MOHAMMAD