idarzh-CNenja

Pencurian Koper Terungkap, Bandara Soekarno-Hatta Tingkatkan Kewaspadaan

Suasana Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta.
Suasana Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta.

 

deLadeni.com, Cengkareng - Setelah terungkapnya pelaku pencurian koper milik penumpang di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta yang dilakukan oleh MD, 16 tahun, pelajar SMP di Tangerang, pengelola Bandara Soekarno-Hatta melakulan evaluasi dan meningkatkan kewaspadaan."Kami evaluasi sambil membenahi sistem," kata Kepala Kantor Cabang Utama Bandara Soekarno-Hatta M.Suriawan Wakan, Rabu 30 Mei 2018.

Selain itu, kata Suriawan, pihaknya juga mewaspadai modus kejahatan lainnya yang berpotensi terjadi di Bandara tersibuk dan terbesar di Indonesia itu. "Masih banyak modus operandi lainnya yang harus diwaspadai," kata dia.

BACA JUGA : Alasan Lion Air Polisikan Sembilan Pilot dan Karyawannya

Modus modus lain yang patut diwaspadai, Suriawan menyebutkan adalah menukar bagasi penumpang. "Penukaran bagasi menjadi satu hal yang bisa saja terjadi dan dilakukan dikemudian hari."

Meski kasus seperti ini belum pernah terjadi di Bandara Soekarno-Hatta, menurut Suriawan, pelaku kriminal bisa saja memanfaatkan situasi keramaian dan kelengahan penumpang untuk menukar bagasi. "Misalnya, penumpang di Surabaya sudah memantau barang korban sejak di Bandara Surabaya, ketika tiba di Bandara Soekarno-Hatta mereka akan melakukan cara untuk menukar bagasi penumpang lainnya."

Modus kejahatan lainnya yang pernah terjadi, menurut Suriawan adalah pencurian di dalam pesawat. "Para sindikat pencuri mengincar barang bawaan penumpang di kabin pesawat," kata Kepala Kantor Cabang Utama Bandara Soekarno-Hatta ini.

Caranya adalah mengincar dan mengalihkan perhatian target ketika dalam pesawat. Biasanya pencurian ini dilakukan lebih dari satu orang yang menyamar sebagai penumpang pesawat.

BACA JUGA : Jelang Lebaran, Komunitas Bandara Soekarno-Hatta Lakukan Sidak Bersama

Hal hal tersebut, kata Suriawan, menjadi perhatian pengelola Bandara, maskapai dan groundhandling. "Kami fokus untuk mengawasi," ucapnya.

Untuk mengantisipasi terjadinya kasus serupa, pengelola Bandara Soekarno-Hatta bersama maskapai penerbangan dan groundhandling sepakat menerapkan layanan pencocokan nomor bagasi saat akan keluar Terminal.

Suriawan mengakui selama ini mekanisme pencocokan bagasi belum diterapkan di Terminal 3 meski hal ini telah lama diterapkan di Terminal 1 dan 2.

"Improvement layanan ini adalah bagian dari SOP, kami lakukan pencocokan dan akan selalu saling mengingatkan untuk mengecek dengan mencocokkan antara klan tag dan bag tag." Untuk memastikan barang bawaan dibawa sesuai pemiliknya," kata Suriawan.

BACA JUGA : Remaja Curi Koper di Bandara Soekarno-Hatta, Ini Motifnya

 

FATHIR MOHAMMAD