idarzh-CNenja

Pilkada Kabupaten Tangerang, Begini Siasat KPU Agar Partisipasi Pemilih Tinggi

Launching Pilkada Bupati-Wakil Bupati Tangerang 2018 di Balaraja, Kamis, 21 Desember 2017. FOTO CIPTA ADI/ deLadeni

 

deLadeni.comTigaraksa - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tangerang melakukan segala cara agar partisipasi pemilih dalam Pilkada Kabupaten Tangerang pada 27 Juni mendatang sesuai dengan target, 80 persen pemilih. "Kami optimis partisipasi mencapai 80 persen, karena kami sudah melakukan segala cara," ujar Komisioner KPU Kabupaten Tangerang Ahmad Jamaluddin, Senin 25 Juni 2018.

Menurut Jamaluddin, target 80 persen partisipasi pemilih ini dibuat bukan tanpa dasar. "Kalau target KPU Pusat 77,7 persen, kami optimis 80 persen pemilih menggunakan hak pilihnya," kata Jamaluddin.

BACA JUGA : Polisi Tahan Warga yang Pukul Petugas Pendata Pilkada

Optimis dengan target besar ini, Jamaluddin mengatakan tentunya KPU Kabupaten Tangerang memiliki indikator dan alasan yang kuat. "Sejak jauh jauh hari kami melakukan penyadaran pemilih agar menggunakan hak pemilih. Kami mencoba menyentuh semua segmen dari tingkat kecamatan, lurah, RT dan RW. "Respon masyarakat cukup baik. Dan mereka bangga dilibatkan dalam sosialisasi."

Masyarakat Kabupaten Tangerang, kata Jamaluddin, telah diberikan pilihan dengan memilih hanya satu calon. "Yang lebih penting setelah mudik segera balik ke Tangerang. Menentukan pemimpinnya dengan datang ke TPS dan mencoblos," katanya.

BACA JUGA : Pilkada 2018, Begini Cara KPU Kabupaten Tangerang Menggencarkan Sosialisasi

KPU juga melakukan sosialisasi dengan semua segmen dan unsur, seluruh elemen, lintas agama. "Sama sama membangun Kabupaten Tangerang, satu suara sangat menentukan," kata Jamaluddin.

Terkait dengan pasangan calon melawan kotak kosong, Jamaluddin berpesan agar warga Kabupaten Tangerang menggunakan hak pilihnya karena sesuai aturan main calon tunggal harus meraih 50 persen plus 1 dari suara sah. "Implikasi kotak kosong menang, warga Kabupaten Tangerang baru akan punya pemimpin baru pada 2025,"  katanya.

BACA JUGA : Pilkada Bupati Tangerang, Diharapkan Warga Datang ke TPS

Pilkada Kabupaten Tangerang hanya diikuti oleh calon tunggal yaitu inchumbem Ahmed Zaki Iskandar-Mad Romli. Pasangan calon yang didukung 11 partai ini akan melawan kotak kosong. Mereka akan memperebutkan 1.83188 daftar pemilih tetap yang tersebar di 4.513 tempat pemungutan suara.

 

FATHIR MOHAMMAD