idarzh-CNenja

Merchant Difasilitasi untuk Daftar NPWP Online Via Aplikasi Go-Jek

Go-Jek. Foto: Google

 

deLadeni.com, Manado - Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan resmi bekerja sama dengan PT Go-Jek Indonesia dalam hal mendaftarkan semua merchant di aplikasi untuk pembuatan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Pemilik merchant yang tergolong dalam industri kecil dan menengah (IKM) itu nantinya bisa mendaftar pembuatan NPWP secara online serupa dengan sistem e-Registration di DJP, namun melalui aplikasi Go-Jek di ponsel.

BACA JUGA : Kemenkeu dan Go-Jek Kerjasama Pengusaha Kena Pajak

"Bagi yang belum ber-NPWP, di aplikasi Go-Jek bisa bikin NPWP. e-Reg kami akan ditempelkan di (aplikasi) Go-Jek," kata Direktur Peraturan Perpajakan I Arif Yanuar saat ditemui di Manado, Sulawesi Utara, Kamis  malam 23 November 2017.

Arif mengungkapkan, selain merchant yang belum ber-NPWP, yang sudah punya dokumen tersebut juga diminta untuk mendaftarkan usaha mereka melalui aplikasi Go-Jek dengan menyertakan detil identitas di Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan NPWP mereka. Hal itu dilakukan dalam rangka memvalidasi data-data yang sebelumnya sudah dimiliki DJP agar lebih pasti lagi.

BACA JUGA : Setelah Go-Jek, DJP Jajaki Kerja Sama dengan Platform Lain

Bahasan mengenai hal ini sudah dilakukan DJP bersama pihak Go-Jek beberapa waktu terakhir. Arif memastikan, penerapan rencana tersebut akan diberlakukan sesegera mungkin sehingga semua merchant yang selama ini belum punya NPWP bisa mendaftarkan diri dan menjadi wajib pajak.

Nantinya, hanya pendaftaran saja yang bisa dilakukan melalui aplikasi Go-Jek di ponsel. Setelah NPWP jadi, mereka tetap harus mengambil kartunya di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) yang telah ditunjuk atau diinformasikan saat proses pendaftaran.

BACA JUGA : Pemimpin dengan Karakter seperti Ahok Dinilai Cocok Jadi Dirjen Pajak

 

KALVIN KHALID I JH