idarzh-CNenja

Cara Praktis Membuat Adonan Kue ala Instruktur Bogasari

Instruktur Bogasari, Chef Chairil Ichwan sedang memberikan pelatihan kepada para jurnalis dalam pelatihan membuat kue di Bogasari Baking Center Puspita, Pasar Modern Bumi Serpong Damai, Sabtu 9 Desember 2017. Jojo /deLadeni

 

deLadeni.comTangerang Selatan - Adonan adalah salah satu bagian terpenting dalam proses pembuatan makanan dan kue. Proses membuat dan mencampurkan bahan dengan harus dilakukan dengan teknik yang benar. Karena jika adonannya benar maka kue yang akan dihasilkan pasti bagus.

BACA JUGA : Bogasari Gelar Pelatihan Bikin Kue Jaman Now Untuk Jurnalis

Agar mendapatkan hasil adonan dan kue yang maksimal, Instruktur Bogasari Baking Center BSD, Chef Chairil Ichwan memberikan beberapa tips praktis dan singkat.

Ketika membuat adonan untuk jenis kue cake, bolu dan sejenisnya, menurut Chairil, ketika bahan seperti tepung terigu, telur, susu dan bahan lainnya dikocok tidak boleh sampai over mixing. "Kalau over mixing adonan menjadi mengembang, ketika sudah menjadi kue, awalnya keliatan bagus tapi tak lama akan kempes," kata Chairil dalamal pelatihan membuat kue di Bogasari Baking Center Puspita, Pasar Modern Bumi Serpong Damai, Sabtu 9 Desember 2017.

​ Instruktur Bogasari, Chef Chairil Ichwan sedang memberikan pelatihan kepada para jurnalis dalam pelatihan membuat kue di Bogasari Baking Center Puspita, Pasar Modern Bumi Serpong Damai, Sabtu 9 Desember 2017. Jojo /deLadeni ​

BACA JUGA : Lagi, RSUD Kabupaten Tangerang Dapat Tambahan Pasien Difteri

Cara yang tepat mengocok adonan, menurut Chairil, dilakukan dengan mixer hingga kaku. "Jangan berpatokan dengan menit, adonan kaku jika diletakan diatas jari adonan kaku tidak meleleh," katanya sambil mempraktekkan dengan meletakkan adonan di jarinya.

Untuk jumlah telur yang digunakan, menurut Chairil, jangan berpatokan dengan jumlah butir telur. "Tapi harus ditimbang, berat telur disesuaikan dengan jumlah kue yang akan dibuat," katanya.

Menurut Chairil, proses pembuatan kue harus dilakukan dengan metode dan teknik yang benar. "Kuncinya disitu, jika teknik nya benar, hasilnya pasti sempurna."

Cara yang diterapkan Chef Chairil ini sangat mudah diterima oleh peserta pelatihan dari kalangan wartawan ini. Bahkan, sejumlah peserta anak-anak juga dengan mudah mengikuti instruksinya. "Menyenangkan sekali cara bikin kue seperti ini, saya langsung bisa," ujar Paras Pachira, 10 tahun.

BACA JUGA : Tingkatkan Layanan Perijinan, Dinas Penanaman Modal Kabupaten Tangerang Lakukan ini

Siswa kelas V Sekolah Dasar Al Azhar Syifa Budi, Talaga Bestari ini terlihat antusias mengikuti pelatihan membuat kue bersama orangtuanya. "Aku memang mau jadi Koki, seneng sekali bisa ikut acara ini," katanya dengan nada riang.

 

JOJO HARDJONO